Bongkar-pasang (disassembly) Laptop, Notebook, Netbook


Sahabat sekalian,

Halaman (menu) ini akan memuat bermacam artikel tentang cara membongkar/pasang (disassembly) bermacam merk Laptop, Notebook maupun Netbook.

Membuka casing laptop tidaklah semudah membuka casing desktop, belum lagi bahwa setiap fabrikan memiliki sistem assembly yang bisa sangat berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Sebagai contoh, untuk sekedar mengganti keyboard laptop atau mengganti batery CMOS dalam laptop, tidaklah segampang melakukannya pada komputer desktop.

Secara umum, casing perangkat laptop sangatlah "ringkih" karena umumnya terbuat dari bahan plastik, sehingga diperlukan kehati-hatian dalam membukanya. Cara membuka (membongkar/disassembly) yang keliru akan bisa menyebabkan kerusakan yang tak diharapkan.

Saya berharap artikel "bongkar-pasang laptop" ini akan bermanfaat sebagai acuan (referensi) dalam melakukan perbaikan, penggantian ataupun upgrade komponen/hardware yang ada di dalam laptop yang sedang mengalami kerusakan, atau sekedar untuk membersihkan dari debu di dalam casing.

Oleh karena itu, segala akibat yang terjadi saat melakukan bongkar/pasang laptop, notebook, netbook menjadi tanggung jawab pelaku sendiri. Hal ini mengingat bentuk fisik (model) komponen laptop yang berbeda bisa jadi memerlukan cara penanganan yang berbeda pula. Jadi, selalu bersikaplah hati-hati dan jangan perlakukan laptop anda dengan "kasar".

Semoga artikel artikel bongkar-pasang laptop ini akan bermanfaat.

kangtok_admin



Peralatan yang sering dibutuhkan untuk membongkar laptop

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Solusi Advanced Boot Option yang Selalu Muncul Saat Startup

Cara Install Windows 7 di Netbook Acer Aspire One

Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Ulang Windows Menggunakan USB Flashdisk